Arti Kebutuhan Air minum

Membedakan Air Kemasan Asli Atau Palsu~ Air minum adalah air yang digunakan untuk konsumsi manusia. Menurut departemen kesehatan, syarat-syarat air minum adalah tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna, tidak mengandung mikroorganisme yang berbahaya, dan tidak mengandung logam berat. Air minum adalah air yang melalui proses pengolahan ataupun tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung di minum

Jangan Sampai Tertipu Oleh Kemasan Yang Bagus!

Mengonsumsi air minum adalah kebutuhan sehari-hari bagi setiap manusia. Air minum ini merupakan salah satu sumber energi yang menunjang kelancaran aktivitas. Kebutuhan air minum saat ini bisa dengan mudah didapatkan melalui air mineral asli yang dikemas.

Ini mempermudah manusia dan meninggalkan cara lama, yaitu merebus air terlebih dahulu sebelum diminum. Berbagai merk air mineral kemasan dijual di pasaran dengan harga yang terjangkau.

Mutlaknya kebutuhan air minum bagi setiap orang, membuat produsen berlomba-lomba menciptakan air mineral kemasan. Namun, ternyata di balik banyaknya produsen yang berkompetisi menciptakan air berkualitas, ada saja oknum nakal yang menjual air mineral kemasan palsu.

Tampilan air mineral asli dan palsu ini tidak mempunyai perbedaan yang mencolok. Hanya saja jika Anda lebih teliti, maka akan menemukan perbedaan di antara keduanya. Berikut ini adalah cara Membedakan Air Kemasan Asli Atau Palsu.

Membedakan Air Kemasan Asli Atau Palsu

Bagaimana Cara Membedakan Air Minum Asli Dan Palsu? Berikut Paparannya

Membedakan Air Minum Asli Dan Palsu , Air mineral asli tidak akan memiliki bau yang mengganggu indra penciuman. Apabila Anda mencoba mencium baunya, maka tidak akan menemukan suatu kejanggalan. Hal ini karena air mineral kemasan yang asli sudah lolos sterilisasi, termasuk baunya.

Sterilisasi ini akan membuat air kemasan tersebut aman untuk dikonsumsi. Hal ini tentu berbeda dengan air kemasan yang palsu. Anda akan menemui perbedaan bau jika mencoba menciumnya.

1. Cium Bau Air Mineral Sebulum Diminum

Air mineral palsu biasanya cenderung lebih berbau. Misalnya saja, bau zat kimia yang bisa jadi berasal dari penjernih air. Tidak menutup kemungkinan bahwa air mineral kemasan palsu berasal dari air keruh yang dijernihkan dengan proses instan.

Hal ini akan membuat bau zat kimia tersebut akan tetap tinggal di air, walaupun sesudah dikemas. Atau kemungkinan buruk lainnya adalah bau tidak sedap yang muncul dari air kemasan palsu ini disebabkan sumbernya tidak bersih.

2. Perhatikan Warna Air 

Membedakan Air Minum Asli Dan Palsu , kejernihan air minum dalam kemasan yang asli sudah tidak bisa diragukan lagi. Selain jernih, air kemasan asli tidak mengandung sedikitpun debu saat dikemas. Proses penyaringan atau filtrasi pada filter air mineral asli menggunakan alat canggih, sehingga bisa menjamin kualitas air saat sampai di tangan konsumen. Dengan demikian, membuat air kemasan yang asli ini aman untuk di konsumsi.

Pada air kemasan yang palsu, proses filtrasi belum terjamin apakah sudah dilakukan dengan benar. Kualitas dari alat yang digunakan juga tidak bisa dipastikan. Untuk bisa mengecek apakah air mineral yang Anda beli asli atau palsu, cobalah mengocok sebentar air sebelum diminum.

Apabila muncul debu-debu kecil yang melayang di air ataupun warnanya mengalami perubahan, maka bisa dipastikan bahwa air kemasan tersebut adalah palsu atau tidak di proses dengan benar.

3. Cicipi Air Kemasan 

Perbedaan rasa antara air mineral asli atau palsu tergolong mudah ditemukan. Caranya adalah dengan mencoba untuk mencicipinya terlebih dahulu. Air kemasan yang asli memiliki rasa yang cenderung biasa saja atau netral saat diminum.

Saat ditelan pun tidak akan terasa berbeda ataupun membuat tenggorokan sakit. Sebab sebelum diedarkan di pasaran,air kemasan asli sudah melalui tahap uji laboratorium untuk memastikan bahwa aman jika diminum.

Pada air kemasan palsu, akan ada perbedaan rasa saat diminum. Air ini akan terasa lebih terasa saat diminum. Anda akan merasakan seakan ada debu menempel di langit-langit mulut saat meminum air kemasan palsu ini. Di samping itu, saat ditelan juga akan terasa berbeda, yaitu rasa aneh di tenggorokan.

4. Perhatikan Botol Kemasan Dengan Baik

Pendaur ulangan botol saat ini sudah marak dilakukan. Salah satu tujuannya yaitu untuk menciptakan air kemasan palsu dengan botol yang berasal dari merk terkenal. Ini merupakan cara mudah yang biasa dilakukan produsen air kemasan palsu untuk mengelabuhi para pembeli. Para produsen ini memoles botol bekas hingga mempunyai penampilan seperti baru lagi.

Cara untuk membedakan apakah air kemasan tersebut asli atau palsu adalah dengan melihat kelengkapan botol. Anda bisa memperhatikan mulai dari tanda SNI, tanggal kadaluarsa, merk, nomor pendaftaran BPOM, serta kode produksinya. Apabila kelengkapan tersebut sudah tercantum dengan lengkap, maka Anda bisa membeli air kemasan ini.

Melakukan pembelian air kemasan sebaiknya dilakukan di tempat terpercaya. Misalnya saja di toko Waralaba besar,seperti Indomaret ataupun Alfamart. Di tempat ini kualitas air kemasan yang dijual tergolong terpercaya karena berasal dari agennya.

Bagi bapak/ibu sobat INVIRO semua, yang sedang mencari/membutuhkan alat water treatment/filter penjernih air dan peralatan air minum dengan harga yang cukup murah dan kompetitif, silahkan menghubungi ke nomor telepon kontak layanan CS Kami Disini dan pastikan bapak/ibu semua dilayani oleh CS INVIRO secara professional. Ref